Perbedaan UI & UX

Apa itu UI dan UX?

UI dan UX adalah singakatan dari User Interface dan User experience yakni merupakan sebuah tampilan visual dalam sebuah aplikasi atau alat pemasaran digital dalam bentuk website yang dapat meningkatkan brand yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan yang anda miliki.

Biasanya perusahaan besar akan mencari karyawn yang memiliki kemampuan UI dan UX untuk membuat tampilan website perusahaan menjadi lebih indah dan menarik. Percaya atau tidak, tampilan sebuah website akan mempengaruhi tingkat penjualan dari produk yang anda miliki.

Perbedaan UI dan UX yang Wajib Diketahui

Walaupun sama-sama merupakan sebuah tampilan atau design yang digunakan dalam sebuah website namun UI dan UX merupakan dua hal yang berbeda. Beda UI dan UX dapat anda lihat dari penjelasan mengenai UI dan UX berikut ini.

  • User Interface (UI)

UI adalah desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan, pemilihan warna yang baik dan pas dan hal-hal lainnya yang membuat tampilan web ecommerce yang kita miliki lebih enak dipandang mata dan membuat pengujung betah berlama-lama.

UI lebih menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain dari layout, logo, warna, typography dan hal lainnya untuk mempercantik web ecommerce yang anda miliki.

  • User Experience (UX)

Beda UI dan UX adalah dari fungsinya, jika UI lebih berfungsi untuk membuat desain web ecommerce menjadi lebih indah. UX merupakan desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet atau pengunjung dan produk. UX inilah yang berfungsi untuk membuat website ecommerce anda menajdi lebih mudah dan tidak membingungkan pengguna.

UX dapat dikatakan sebagai keseluruhan dari elemen suatu website yang mencakup susunan, struktur, kemudahan dalam pemindahan satu halaman ke halaman yang lainnya dan sebagainya.

Manfaat UI dan UX

Pada era serba digital ini, UI dan UX memiliki peranan penting dalam menentukan kesuksesan sebuah produk, terutama layanan digital seperti aplikasi atau website. Berikut adalah beberapa manfaat UI dan UX.

1. Meningkatkan Kepuasan Pengguna

Menurut penelitian Clevertap, 11% pengguna melakukan un-install aplikasi pada smartphone mereka karena tampilannya yang membingungkan dan sering terjadi crash. Inilah yang terjadi apabila sebuah produk tidak mengoptimalkan desain UI dan UX-nya.

Jika suatu produk memiliki desain UI dan UX yang baik, maka akan mempengaruhi kenyamanan user, kepuasan, dan loyalitas mereka dalam menggunakan suatu produk.

2. Membangun branding sebuah perusahaan

Manfaat selanjutnya ialah meningkatkan branding dan value suatu perusahaan. Produk dengan UI dan UX yang baik dapat membangun citra yang baik pula kepada pengguna. Hal ini dapat membangun identitas / ciri dari sebuah perusahaan. Selain itu, desain produk juga perlu memiliki nilai. Ini berarti fitur-fitur yang ada pada produk sesuai dengan kebutuhan pengguna.

3. Meningkatkan keuntungan bisnis

Penerapan UI dan UX juga dapat meningkatkan profit sebuah bisnis. Pengguna akan lebih mudah menyelesaikan kebutuhan pada produk (aplikasi/website), termasuk mendatangkan conversion dan pembelian. Pengoptimalan UI UX secara tidak langsung akan meningkatkan pelayanan kepada pengguna dan strategi pencapaian bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *